IDUL ADHA 1444 HIJRIAH, YPMMB UMB BERKURBAN UNTUK DOSEN, KARYAWAN DAN WARGA

1 July 2023 03:45:52
Rektor Universitas Muara Bungo, Dr. Ir. Supriyono memantau memberi instruksi pemotongan Kurban

BUNGO, akademicanews.com-Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo dan Universitas Muara Bungo (UMB) merayakan Idul Adha 1444 Hijriyah dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban di lapangan Kampus Rektorat Kampus 2 Kelurahan Cadika, Kelurahan Rimbo Tengah, Jumat (30/06/2023).

Para Karyawan UMB mempersiapkan pemotongan sapi Kurban dari UMB

Penyembelihan kurban pada hari kedua setelah hari raya tesebut, mengusung tema “Kurban Bukti Tanda Cinta, Cinta Allah, Cinta Sesama”. Penyembelihan dua ekor sapi kurban diikuti masyarakat sekitar kampus dan civitas akademika, baik jajaran pimpinan Rektorat, pihak Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo, ketua lembaga, dekan, dosen, maupun para mahasiswa.

Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo, Ramadrian Prasetyo saat diwawancara Akademica News menyampaikan rasa syukur karena Yayasan dan Kampus UMB dapat melaksanakan Idul Adha dengan berkurban dua ekor sapi.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini Yayasan dan Kampus dapat melaksanakan kurban dua ekor sapi. Kurban ini dapat terlaksana atas musyawarah dan pendapat orang tua-orang tua kita di Yayasan, dimana satu ekor sapi dari Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo (YPMMB) dan satu ekor sapi lagi dari Rektorat serta Kampus Universitas Muara Bungo. Semoga pelaksanaan kurban ini membawa keberkahan, semangat dan kekompakan kepada keluarga besar YPMMB dan UMB untuk memajukan kampus". Ujar Ramadrian.

Dewan Pembina Yayasan, Ramadrian Prasetyo (Tengah), bersama Anggota Yayasan, Fitriani Andri (Kiri) dan Sekretaris Panitia Kurban, Dedi Epriadi (Kanan) memantau pembagian daging kurban.

Ramadrian mengungkapkan melalui kegiatan kurban ini dapat terjalin silaturahmi lebih kuat dengan komitmen dan kerja keras bersama yang terjalin dengan pemangku kebijakan membuat Yayasan yakin bahwa UMB akan menjadi Universitas terbesar di wilayah Jambi Barat.

"Semoga dari berkurban di Idul Adha ini ada keberkahan yang kita dapat. Kerjasama yang semakin baik, karena kita yakin Universitas Muara Bungo ini akan menjadi Universitas terbesar di wilayah Jambi Barat. UMB ini adalah mutiara yang tersimpan, mari kita jaga bersama-sama", Jelasnya.

Pria yang akrab disapa Pak Rian ini menerikan pesan spesial kepada Rektor, dimana momen pelaksanaan kurban ini bertepatan dengan hari lahir Rektor Universitas Muara Bungo, Dr. Ir. Supriyono.

"Oh iya, hari ini juga spesial dimana momen Kurban kita ini bertepatan ulang tahun Rektor. Selamat untuk Rektor semoga diberikan kesehatan dan terimakasih sudah begitu tanggap mengenai program Yayasan dan pelaksanaan kegiatan ini. Juga para Wakil rektor, Dosen, Karyawan serta segenap Civitas Akademika UMB. Luar biasa tahun ini, semuanya selalu kompak. Kami atas nama Yayasan terus berkomunikasi, dari dewan pengawas, orang tua kami di Yayasan, Alhamdulillah akan selalu memberi saran dan dukungan kapanpun", Imbuh Rian.

BERKURBAN, BUKTI CINTA KEPADA ALLAH, CINTA KEPADA SESAMA

Sementara itu, Rektor Universitas Muara Bungo Dr. Ir. Supriyono, juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo, karena kebijakan-kebijakan mereka UMB bersama YPMMB bisa bersama-sama melaksanakan Kurban.

"Kita berterimakasih kepada Ketua Dewan Pembina Yayasan, H. Zulfikar Ahmad dan anggota; Ketua Yayasan, H. Andriansyah; Sekretaris Yayasan, Indra Zulfiansyah; Bendahara Yayasan, H. Rendhi Zilfiando serta anggota Yayasan. Karena kebijakan-kebijakan beliau ini maka kita bisa berkurban", Ujar Rektor.

Dr. Ir. Supriyono menyampaikan bahwa Kurban ini merupakan bukti Cinta kepada Allah. Ia mengajak segenap keluarga besar UMB untuk mengingat bahwa Idul Adha adalah momen penting untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena sejatinya Idul Adha adalah memperingati ujian keimanan paling berat menimpa Nabi Ibrahim dan keluarganya. Supriyono mengajak segenap Civitas Akademika UMB meneladani Nabi Ibrahim dalam hal Cintanya kepada Allah SWT.

Ketua Panitia Kurban l, Bella Putra berbincang dengan Anggota YPMMB, Fitriani Andri.

"Seperti tema Kurban kita, 'Bukti Cinta Kepada Allah', yang kita teladani Nabi Ibrahim rela dan ikhlas mengorbankan anaknya demi cintanya Kepada Allah. Ketika diminta menyembelih putranya yakni Ismail, Nabi Ibrahim dengan ikhlas melaksanakan perintah tersebut yang kemudian diganti dengan domba. Dari Riwayat Nabi ini, pelaksanaan Kurban YPMMB dan UMB ini merupakan bukti cinta kita kepada Allah dan cinta kita kepada dosen, karyawan dan warga dengan berbagi", Terang Supriyono.

Kurban UMB yang pertama ini diharapkan dapat membawa keberkahan bagi YPMMB, UMB dan warga. Supriyono juga berharap akan ada kegiatan Kurban pada tahun berikutnya.

"Kita harus syukuri bersama Kurban ini. Dosen dan Karyawan harus mengerti dan bersyukur dengan kepemimpinan Yayasan kita, kita berdoa semoga UMB maju dan sejahtera. Seperti slogan dan tekad Kabupaten Bungo untuk maju dan sejahtera". Tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Bella Putra melalui sekretaris panitia, Dedi Epriadi, S.Sos.,M.Si menjelaskan bahwa pelaksanaan Kurban yang digagas Yayasan untuk UMB ini dipersiapkan dalam dua minggu bersama 28 orang panitia.

Ketua Panitia, Bella Putra dan Sekertaris Panitia, Dedi Epriadi.

"Kegiatan Kurban ini berawal dari inisiatif Yayasan melalui ketua Yayasan H. Andriansyah untuk melaksanakan Kurban tahun ini dan akan dilakukan setiap tahun. Kita telah mempersiapkan pelaksanaan Kurban selama dua minggu dengan panitia berjumlah 28 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah Ibadah dihari raya Idhul Adha, juga untuk saling berbagi dan bersedekah", Kata Dedi.

Dedi Epriadi memaparkan bahwa sasaran kegiatan Kurban ini adalah seluruh Civitas Akademika Universitas Muara Bungo, Pengurus Yayasan, serta warga sekitar kampus 2 dan Rektorat Kelurahan Cadika hingga warga sekitar kampus 1 Sungai Binjai.

"Jumlah warga yang menerima distribusi daging kurban ini sebanyak 250 orang. Terdiri dari dosen, karyawan, pengurus Yayasan dan warga sekitar kampus. Semoga dari pembagian daging Kurban ini seluruh keluarga besar Yayasan, Kampus, dan warga mendapat keberkahan dan terjalin silaturahmi yang kuat antar sesama", Ujarnya.

Wakil Rektor 1, Subagiono (Kiri) mendampingi H. Usman Hasan (Kanan) memantau pendistribusian daging Kurban.

Pria yang menjabat sebagai Kepala bidang Pengabdian LPPM UMB ini menjelaskan bahwa kegiatan Kurban Yayasan dan UMB ini juga merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dibidang keagamaan.

Wakil Rektor 2, Eryasi. Fotografer: Varel

"Kurban ini juga bentuk pengabdian UMB kepada masyarakat dibidang keagamaan. Insya Allah, ditahun berikutnya akan kita laksanakan lagi dengan jumlah hewan kurban yang akan kita tambah", Tambah Dedi Epriadi.

Kegiatan pemotongan Kurban tersebut, dilanjutkan dengan kegiatan masak bersama para dosen dan karyawan, kemudian makan bersama, lalu ditutup dengan pembagian daging kurban hingga selesai. (HBS)

Fotografer Jurnalis: Varel/Herman

Idul Adha 1444 hijriah 2023UMBYPPMKurban
Copyright © 2022 AkademicaNews.com